Ada Musim Haji, Pasokan Avtur di Bandara Adi Soemarmo Ditambah 50%

Jakarta -Pertamina Marketing Operation Regional IV menambahkan alokasi avtur sebanyak 6.969 KL avtur untuk untuk penerbangan jamaah haji tahun 2014 di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Penambahan avtur tersebut untuk kelancaran pemberangkatan 26.183 jamaah Haji yang terbang dari Solo.

GM Marketing Operation Reg IV, Subagjo Hari Moeljanto mengatakan puluhan ribu jamaah haji yang berangkat dari bandara Adi Soemarmo Solo dibagi dalam 71 kloter, sama seperti tahun lalu. Namun alokasi avtur ditingkatkan 7 % dari tahun 2013 sehingga totalnya menjadi 9.696 KL.


"Pertamina berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan Avtur selama musim Haji 2014. Untuk itu kami menyiapkan tambahan alokasi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelum untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak-pihak yang melayani para Jamaah Haji dalam menjalankan ibadah Haji di tahun ini," kata Subagjo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/3/2014).


Penambahan alokasi avtur pada musim haji ini meningkat 53% dari konsumsi avtur normal perbulan di Bandara Adi Semarmo Solo yaitu 1.500 KL.


Selain menambah alokasi avtur, Pertamina juga mengambil beberapa langkah untuk kelancaran penerbangan antara lain menambah jumlah crew operator refueling (CRO) sebanyak 13 orang, untuk kelancaran beroperasi selama 24 jam dan menambah jumlah refueller selama pelaksanaan haji sebanyak 1 unit kapasitas 12 KL dan 1 unit kapasitas 16 KL.


"Kami juga menyiapkan tambahan Bridger (mobil tangki pengangkut avtur) dari Terminal BBM Rewulu ke DPPU Adi Sumarmo dari total empat bridger menjadi 11 bridger dengan kapasitas 272 KL," kata Subagjo.


Diketahui 26.183 jamaah Haji yang akan berangkat dari bandara Adi Soemarmo merupakan jamaah dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.


(alg/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!