Jokowi Punya Ide Tol Laut, CT: MP3EI Sudah Tercantum Lengkap

Jakarta -Pada masa pemerintahan transisi saat ini muncul beberapa gagasan untuk mempersandingkan program-program pemerintahan Presiden SBY dengan pemerintahan mendatang. Salah satunya gagasan pembangunan tol atas laut oleh Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan konsep tol atas laut, sejatinya sudah ada dalam paket Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).


"Di MP3EI sudah tercantum lengkap, termasuk hub antara pelabuhan, di mana saja, konektivitasnya ke mana saja semua sudah komprehensif," kata CT usai rakor di kantornya, Kamis (4/9/2014)


CT mengatakan tol atas laut intinya cara menghubungkan Indonesia berbasis pada laut. Pada paket program MP3EI tak hanya laut, namun juga menghubungkan darat dan udara.


"Kalau di darat ya jalan, kereta api, kalau laut ya kapal dan pelabuhannya, kalau udara ya bandara udara dan pesawat," katanya


Menurutnya apapun konsep yang disampaikan sebenarnya tak jauh berbeda. Namun yang berbeda adalah soal konsep dan cara memahaminya saja.


"Ini cuma masalah pemahaman saja yang sedikit berbeda," katanya.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!