Tanri Abeng: Merpati Bisa Diberikan ke Garuda

Jakarta -Sejak Februari 2014 sampai saat ini, maskapai BUMN PT Merpati Nusantara Airlines berhenti beroperasi karena masalah keuangan. Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng punya ide agar Merpati bisa diserahkan ke pihak swasta atau diberikan ke PT Garuda Indonesia Tbk.

Bila diberikan ke Garuda, menurut Tanri, saham mayoritas Merpati harus diberikan kepada Garuda. Sehingga Garuda punya kuasa penuh memperbaiki Merpati.


"Bisa sementara cari investor biar dia yang mengelola, kalau di bawah pemerintah itu birokratis. Jadi meurut saya dikasih saja ke swasta atau Garuda, kalau perlu dengan diberikan saham mayoritas," ujar Tanri di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (4/9/2014)


Ia berpendapat, bila dimiliki oleh Garuda, maka Merpati akan bisa berkembang sejalan dengan pola bisnis manajemen Garuda yang saat ini kondisinya jauh lebih baik ketimbang Merpati.


Selain itu, dari sisi operasional, keberadaan Merpati di Garuda bisa menjadi pelengkap yang menyempurnakan kinerja kedua perusahaan. Karena, kedua maskapai pelat merah tersebut berbeda segmen, sehingga akan saling melengkapi.


"Harusnya Merpati diposisikan di segmen itu (perintis), kalau itu dilakukan maka dapat bersaing dan kompetitif, ini kembali harus ada satu sikap pemerintah mengatukan ini harus dilakukan," jelas dia.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!