Usai Diberi Penghargaan, CT Menyelam Bersama KRI Nanggal 402

Banten -Sudah 4 jam berlalu sejak kapal selam KRI Nanggal 402 meninggalkan Dermaga Pelabuhan Indah Kiat Merak, Banten menuju laut lepas di selat sunda dan kembali dengan selamat membawa 3 menteri negara anggota kehormatan baru keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Chairul Tanjung menceritakan pengalamannya menyelam selama 3 jam tersebut.


Ia mengaku senang dan kagum dengan berbagi fitur canggih yang dimiliki kapal yang telah mengalami peremajaan di galangan Daewo Shipbuilding and Marine Engineering Korea Selatan ini.


"Enak," jawab menteri yang akrab di sapa CT ini singkat saat keluar dari kapal selam yang berlabuh di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat Merak, Banten, Sabtu (6/9/2014).


Secara teknis kapal berjenis Cakra produksi Jerman tahun 1977 ini telah mengalami peningkatan kemampuan hingga empat kali lipat dibanding kapal selam sekelasnya setelah mengalami peremajaan berupa perbaikan dan perawatan menyeluruh (overhaul) di tahun 2012 silam.


Kapal selam berkelir hitam ini telah mengalami pembaruan di sisi badan kapal dari mulai haluan hingga buritan. Kapal selam ini juga semakin canggih karena dilengkapi dengan sistem sonar dengan teknologi terbaru yang mampu mendeteksi objek dengan jangkauan hingga 40 km.


CT pun menyampaikan apresiasinya kepada para prajurit yang bertugas di kapal selam ini. Ia meras bangga diterima sebagai warga kehormatan dan sempat ikut menyelam bersama kru istimewa ini.


"Melihat sendiri bagaimana kapal selam berfungsi. Situasi yang ada di kapal selam tidak seperti kita menonton film. Semua serba kecil. Saya melihat bagaiman kru beristirahat. Saya makin menghargai teman-teman yang bekerja di kapal selam karena punya tekanan yang luar biasa. Apa lagi mereka punya slogan tabah sampai akhir," cerita CT.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!