Lokasi Jauh dari Kota, Rumah Murah di Bodetabek Hanya Jadi Investasi

Jakarta -Berbagai cerita dan keluh kesah muncul dari masyarakat yang mau membeli rumah murah di Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek). Awalnya niat untuk ditinggali, tapi setelah lihat jaraknya yang sangat jauh, niat mereka berbelok hanya untuk investasi.

Contohnya Dewi, karyawati sebuah perusahaan pembiayaan di Jakarta yang sudah mencari-cari rumah sejak dua tahun lalu. Ada saja alasan yang membuat wanita berumur 30-an ini tak juga memiliki rumah.


"Saya ingin daerah kantor di Slipi, tapi harganya nggak masuk, miliaran harganya. Pernah dapat harga masuk tapi lokasinya di deket sutet, jadi nggak jadi beli," curhat Dewi saat ditemui detikFinance di Pameran Rumah untuk Rakyat di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (4/9/2014).


Pameran rumah murah yang diadakan Kementerian Perumahan Rakyat menjadi tujuan Dewi selanjutnya. Harapannya, ada rumah yang cocok di kantong, lokasi yang tak jauh dari perkotaan tempat ia kerja, juga aspek transportasi dan pendukung lainnya.


Namun sayang, Dewi yang sudah tak sabar ingin tinggal di rumah sendiri ini tak juga menemukan 'jodohnya'. Dia menyayangkan lokasi rumah yang dijual di pameran yang digelar mulai 3-7 September 2014 ini jauh dari harapannya karena jauh dari pusat kota. Meski soal harga, Dewi mengaku sangat cocok.


"Saya ingin ditinggalin, karena sudah lihat ini (lokasi) nggak mau ditinggalin, jatuhnya untuk investasi. Jauh semua," kata wanita berkerudung ini.


Tak berbeda jauh dengan Dewi, Etik yang juga datang ke pameran ini mengeluhkan hal yang sama, yaitu lokasi. Niat dia untuk mencari tempat tinggal sendiri harus pupus kali ini karena letak rumah yang jauh dari tempatnya bekerja.


"Kerja saya di Jl Sudirman. Jadinya mau investasi saja, tadinya mau ditinggalin kalau jaraknya nggak jauh. Rata-rata yang ditawarkan jaraknya nggak bersahabat sama kantor," keluhnya.


Dari pengamatan detikFinance, pameran ini memang menjual rumah dengan harga yang sangat murah. Harga rumah tipe 36/60 saja dibanderol paling mahal Rp 120 juta dengan cicilan rata-rata Rp 800-900 ribu. Namun sayangnya, lokasi rumah sangat jauh dari kota Jakarta, seperti di Tangerang, Bekasi Timur, Tajur Halang Bogor, Parung Panjang Bogor, hingga ke Serang, Banten.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!