Bisnis Fotokopi Menuai Berkah di Job Fair Kemayoran

Jakarta -Bisnis fotokopi menuai berkah di acara Job Fair 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, yang digelar Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Saking ramainya pengunjung, salah satu mesin fotokopi ada yang rusak.

Acara yang digelar dari tanggal 5-6 September 2014 ini tidak hanya diisi oleh stand-stand perusahaan pemberi kerja. Pada sudut Hall B tempat penyelenggaraan Job Fair, ada sebuah stand fotokopi. Para pemburu kerja terlihat berkemurum di depan stand fotokopi ini.


Salah satu petugas fotokopi bernama Geri mengaku pihaknya menerima banyak pesanana dari pencari kerja yang ingin menggandakan dokumen untuk keperluan administrasi. Saking ramainya, satu dari dua mesin fotokopi yang tersedia rusak.


"Kemarin fotokopi banyak sekali sampai kewalahan. Kira-kira kemarin saja habisnya 5 rim atau 2.500 lembar," kata Geri kepada detikFinance di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu (6/9/2014).


Untuk sekali fotokopi, dikenakan biaya Rp 500 per lembar sedangkan tarif fotokopi bolak-balik sebesar Rp 1.000 per lembar.


Geri menyebut para pelamar kerja umumnya menggandakan dokumen seperti Curriculum Vitae (CV), Kartu Tanda Pengenal (KTP) hingga ijazah.


"Kebanyakan ijazah sama cv dan KTP," jelasnya.


Selain fotokopi, para job seeker juga membeli kelengkapan tulis lainnya seperti map dan pulpen. "Ada map dan pulpen, tapi nggak begitu banyak," jelasnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!