Pabrik Unilever Oleochemical Butuh 400.000 Karyawan

Jakarta -Pabrik PT Unilever Oleochemical Indonesia perusahaan terafiliasi PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) akan mulai beroperasi tahun depan dan diperkirakan menyerap sedikitnya 400.000 tenaga kerja.

External Relations Director and Corporate Secretary UNVR Sancoyo Antarikso mengatakan, saat ini pembangunan pabrik tersebut dalam tahap penyelesaian. Pabrik yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) ini memiliki kapasitas produksi sebesar 160.000 ton per tahun dengan nilai investasi Rp 2 triliun yang seluruhnya diambil dari dana internal.


"Sudah dry commitioning, kita cek utility-nya, mulai operasi tahun depan. Pengaruhnya sangat bagus ke industri, tenaga kerja nambah, kira-kira bisa serap 350-400 tenaga kerja. Output 160 ribu ton per tahun, investasi Rp 1,5 triliun-Rp 2 triliun," ujar Sancoyo di Acara Refleksi MP3EI di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (4/9/2014).


Dia menjelaskan, pabrik ini merupakan pabrik pengolahan CPO untuk bahan baku pembuatan produk-produk Unilever. Pabrik ini dibangun untuk produk home and personal care yang lokasinya berada. Empat produk yang dihasilkan yaitu fatty acid, surfactant, soap, noodles, dan glycerine.


Produk-produk yang dihasilkan mayoritas akan dipasarkan ke Asia, Eropa, dan Afrika. Pasar domestik hanya disediakan sebesar 20% saja.


"Porsi 15-20% untuk domestik sisanya ekspor ke Asia, Eropa, Afrika," katanya.


Sancoyo menyebutkan, pabrik seluas 17 hektar ini menempati kawasan lahan milik PTPN III seluas 2.000 hektar.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!