KEK Bitung Prospektif Untuk Transportasi, Logistik dan Perikanan

Bitung -Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menyebutkan bahwa kota Bitung, Sulawesi Utara, sudah ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Melihat mayoritas gerak ekonomi dan bisnis di wilayah ini, Bayu sudah punya gambaran konsep KEK apa nanti yang akan diberlakukan.

"Kalau sudah terjadi, nanti dia (Bitung) akan jadi KEK untuk transportasi, logistik, dan perikanan. Itu bayangan saya," kata Bayu saat ditemui di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (4/09/2014).


Bitung akan menjadi pelengkap dua KEK yang sudah dibangun pemerintah yaitu Sei Mangkei (Sumatera Utara) dan Mandalika (Lombok). "Bitung ini harus berbeda dengan Sei Mangkei yang berbasis kelapa sawit dan Mandalika yang berbasis pariwisata," imbuhnya.


Dengan ditetapkannya Bitung sebagai KEK, Bayu meminta pemerintah daerah setempat segera mempersiapkan diri. Salah satu yang harus disiapkan adalah infrastruktur seperti jalan, listrik, dan pengembangan Pelabuhan Bitung.


"Bitung diberi kesempatan untuk menyusun kebijakan investasi dan perdagangannya sendiri di kawasan itu. Sehingga ekonomi itu bisa tumbuh dan berdampak besar ke kawasan Indonesia Timur," papar Bayu.


(wij/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!