Seragam Militer Buatan Mahasiswa UGM Tembus Pasar Ekspor

Yogyakarta -Bermula dari hobi bermain airsoft gun, Arie Setya Yudha mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta berhasil merintis bisnis seragam militer. Desain seragam militer karyanya mulai dipakai oleh salah satu unit kepolisian dan TNI.

Tidak hanya pasar domestik, bisnisnya juga mulai merambah pasar internasional. Untuk memasarkan produknya, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisipol angkatan 2008 ini melakukannya secara online.


"Awalnya dari hobi main airsoft gun. Kalau mau beli seragam yang dijual di pasaran sangat mahal," kata Arie memulai cerita di kampus UGM, Jumat (5/9/2014).


Menurutnya uang sebesar Rp 280.000 dibelikan bahan di pasaran, kemudian dijahit di tukang jahit. Ongkos lebih murah dibandingkan membeli jadi.


"Setelah jadi itu saya coba menjual melalui internet atau online. Ternyata banyak yang senang dan memesan," katanya.


Banyak pembeli yang merasa cocok dengan desain dan ukuran produknya. Produknya tak hanya diminati di pasar lokal saja, namun juga pasar ekspor.


"Dari pasar domestik, salah satu unit di Polri yakni tim Gegana Brimob Polri mempercayakan desain seragam taktis kepada saya. Mereka cocok dan harga juga bersaing dengan produk lain," katanya.Next


(bgs/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!