Harga Beras Mulai Naik, Mendag Lutfi Minta Bulog Gelar Operasi Pasar

Jakarta -Beberapa pekan terakhir harga beras di tingkat pasar tradisional mulai merangkak naik, termasuk di Jakarta. Penyebabnya karena pasokan yang terbatas akibat kemarau panjang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi tidak menganggap sepele kenaikan harga beras di DKI Jakarta yang hanya Rp 100-200 per kg. Ia pun segera meminta Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar (OP) akan bisa meredam inflasi. Selama ini beras merupakan inflator utama.


"Begini begitu harga beras naik Rp 100 lihat nggak data BPS kemarin. Langsung inflator menjadi masalah," ungkap Lutfi saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Kamis (2/10/2014).


Lutfi mengaku telah menugaskan Perum Bulog untuk segera melakukan intervensi pasar dengan OP. Selain ia juga memberi penugasan Perum Bulog untuk mengimpor beras bila diperlukan.


"Saya sudah perintahkan Pak Sutarto (Dirut Perum Bulog), bukan saja saya perintahkan untuk impor tetapi untuk segera mengintervensi pasar yang sudah mulai tinggi," imbuhnya.


Mantan Kepala BKPM ini, melihat kenaikan harga beras terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ia meminta Perum Bulog segera melakukan intervensi pasar.


"Kita lihat BPS (Badan Pusat Statistik) di Padang itu tinggi, Kupang juga tinggi. Saya sudah perintahkan langsung didropnya barangnya ke sana jadi tidak terjadi inflasi," katanya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!