Beli Emas Lalu Titip di Sini Biar Aman

Jakarta -Menyimpan emas batangan tak perlu lagi di rumah. Dengan skema investasi ini, emas yang Anda beli bisa dititipkan supaya lebih aman.

Skema investasi ini ditawarkan PT Aneka Tambang Tbk (Antam), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen emas. Skema yang baru diluncurkan pekan lalu ini adalah Brankas alias Berencana Aman Kelola Emas.


Menurut Manajer Pemasaran Logam Mulia Antam Bambang Widjanarko dengan cara ini, masyarakat bisa membeli emas, namun emasnya tidak dibawa pulang tapi dititipkan di Antam.


Kelebihannya adalah harga per gram nya lebih murah. Misalnya, kata dia, emas 5 gram saat ini dibanderol sebesar Rp 494.000 per gram tapi jika membeli menggunakan sistem Brankas harganya menjadi Rp 483.600 per gram.


"Jadi ada selisih Rp 10.400 per gram. Nanti kalau mau dijual bisa diambil emasnya atau dicairkan, tinggal mengganti ongkos cetak emas Rp 300.000 per 100 gram atau Rp 3.000 per gram," katanya kepada detikFinance, Rabu (3/12/2014).


Brankas merupakan program jasa depositori emas batangan Antam yang kadar kemurniannya dijamin. Emas batangan yang diinvestasikan memiliki sertifikat London Bullion Market Association yang diakui secara global serta perlindungan penyimpanan emas berasuransi.


Untuk pengambilan emas sendiri bisa diakses melalui jaringan Butik Emas Logam Mulia (LM) milik BUMN tambang itu. Perusahaan pelat merah itu telah membuka 10 Butik Emas LM yang tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Makassar, Surabaya, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, dan Medan.


Semakin banyak saja cara berinvestasi emas. Pernah dengar skema berkebun emas? Akan detikFinance bahas sebentar lagi. Selama membaca.


(ang/dnl)