Industri Migas Disebut Paling Korup, Ini Kata Bos Perusahaan Minyak

Jakarta -Lembaga Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) menyatakan, migas menjadi sektor industri yang paling korup. Apa kata perusahaan minyak?

Lukman Mahfoedz, Ketua Indonesia Petroleum Association (IPA) yang juga Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk membantah anggapan tersebut.


Meski tidak mau mengatakan industri ini 100% bersih dari suap menyuap, Lukman mengatakan, jangan menganggap semua perusahaan minyak dan gas (migas) korup.


Dia bercerita, investasi yang dikeluarkan perusahaan migas di sektor hulu mencapai US$ 26 miliar hingga US$ 30 miliar utuk satu proyek hingga berproduksi, ini bila dirupiahkan, nilainya mencapai Rp 300 triliun lebih. Memang rawan untuk penyalahgunaan, namun ini bisa dihindari.


Lukman mengatakan, agar suap menyuap dan korupsi di sektor migas bisa dihindari, maka harus ada fleksibilitas untuk sektor tersebut.


"Aturan-aturannya harus dikurangi, Biarkanlah bisnis ini tumbuh dengan sendirinya, lebih kepada kesepakatan bisnis. Kalau ada perusahaan menemukan gas, silakan saja dia menjual gasnya kepada produsen, jadi nggak ada menyuap atau terpaksa menyuap. Biarkan mekanisme pasar berjalan," tutur Lukman.


Pernyataan ini dia sampaikan saat menghadiri acara 'Pertamina Energy Outlook 2015' di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (3/12/2014).Next


(dnl/hds)