Ditemani Rachmat Gobel, JK Blusukan ke Pabrik Gula di Subang

Jakarta -Hari ini, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf kalla (JK) mengunjungi Pabrik Gula (PG) Subang milik PT PG Rajawali II anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) di Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis PT RNI, Kamis (4/12/2014), JK didampingi Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyempatkan diri berkeliling areal PG sambil berbincang dengan Direktur Utama (Dirut) PT RNI Ismed Hasan Putro terkait tantangan pengembangan industri gula saat ini.


Kunjungan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mempersiapkan industri gula demi terwujudnya swasembada gula di Tanah Air.


Pada kesempatan itu, Ismed mengatakan, RNI sangat mendukung upaya pemerintah mewujudkan swasembada gula. Sebagai salah satu pemain utama dalam industri gula tanah air dengan 10 pabrik gula di Pulau Jawa, ditambah masuknya RNI ke dalam industri hilir, RNI siap berkontribusi penuh dalam mewujudkan program pemerintah tersebut.


Namun, tidak hanya melalui dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkebunan, pemerintah pun dituntut komitmen terhadap tujuan itu.


"Industri gula nasional tidak akan pernah maju bila pemerintah masih ambigu dalam mengeluarkan regulasi terkait gula rafinasi," tegas Ismed.


Pemerintah perlu tegas membatasi pasokan dan melarang gula rafinasi masuk ke pasar konsumsi rumah tangga. Tanpa itu kemajuan industri gula nasional sulit tercapai dan harapan swasembada pangan semakin jauh.Next


(hen/hds)