Jokowi Sempat Blusukan ke BPKM, Kini Pelayanan Lebih Teratur

Jakarta -Pada Selasa (28/11/2014) pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan ke kantor pelayanan di BKPM, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan. Sejak kedatangan Jokowi, ada sejumlah perubahan yang dirasakan oleh masyarakat yang mengurus izin di BKPM.

Seorang agen pengurusan izin, yang dirahasiakan namanya menjelaskan, perubahan yang dirasakan terkait pemeberian pelayanan yang menjadi lebih teratur. Ia termasuk seseorang yang sering mengurus izin di BKPM sehingga tahu betul perubahan tersebut.


"Sebelum Jokowi datang, meja pelayanan itu nggak ada papan infonya. Kalau sekarang, kan ada papan infonya. Misalnya meja konsultasi ada tulisan konsultasinya," tuturnya saat berbincang dengan detikFinance di Kantor BKPM, Jakarta, Rabu (3/12/2014).


Bukan sekedar papan informasi saja yang sudah tersedia, di masing-masing meja pelayanan kini menjadi lebih fokus dan teratur.


"Kalau dulu kan nggak, pelayananya serabutan saja. Sekarang lebih teratur," jelasnya.


Meski demikian, lanjut dia, perubahan ini belum berdampak pada waktu pelayanan yang diberikan. "Belum terasa lebih cepat atau lebih lambat. Tapi yang pasti lebih teratur saja," sambung agen tersebut.


Sementara itu, seorang pengunjung lain yang juga tengah mengurus perizinan usaha, menyampaikan sarannya agar perizinan di BKPM lebih cepat.


"Kalau bisa dokumen-dokumen pelengkapnya itu bisa diurus di sini (di Gedung BKPM) juga. Jadi kita kalau mau urus izin tinggal datang satu tempat saja nggak perlu ke luar-keluar lagi. Itu kan makan waktu," kata pengunjung tersebut.


"Sekarang kan yang sudah ada mejanya baru Depnakertrans. Nanti mudah-mudahan yang lain perizinan pajak, lingkungan hidup dan lain-lain itu bisa ada," pungkasnya.


(hen/ang)