Berbecek Ria, Mentan Amran Blusukan ke Gudang Benih di Serang

Serang -Hari ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman blusukan ke daerah Banten. Amran dijadwalkan meninjau gudang benih dan irigasi.

Amran dan rombongan berangkat dari Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB, dan tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB. Kedatangan Amran dan rombongan di Banten disambut oleh Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang.


Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi gudang benih di Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten, cuaca agak hujan sehingga tanah pun becek. Maklum, lokasi gudang ini berdekatan dengan sawah.


Namun hujan dan becek tidak menyurutkan niat Amran. Dia pun masuk ke lokasi gudang dan meninjau isinya.


Gudang benih milik Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Peternakan Kabupaten Serang itu memproduksi benih padi varietas ciherang dan mekongga. Dalam sekali musim yang berlangsung 6 bulan, gudang ini mampu memproduksi 1.000-1.500 ton benih. Masih belum mampu mencukupi kebutuhan benih untuk Provinsi Banten yang sebanyak 1.500-2.000 ton per musim.


"Kami juga mengalami kendala pemasaran," ujar Oyok Supriyatna, Kepala UPTD Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, dan Peternakan Kramatwatu di lokasi, Rabu (14/1/2015).


Amran pun berpesan agar kapasitas produksi di gudang ini bisa ditingkatkan. Dia ingin agar pasokan benih ke petani bisa lancar.


"Persediaan benih tidak boleh terhambat. Jangan sampai petani susah, tidak boleh telat," tegasnya.


Setelah ke gudang benih, Amran direncanakan blusukan ke irigasi Cisata di Desa Kondang Jaya, Pandeglang, Banten.


(hds/hds)