Tak Perlu Tunggu Februari, Jumat Harga Premium dan Solar Diumumkan Turun

Jakarta -Pemerintah akan segera mengumumkan harga dasar bahan bakar minyak (BBM), pada Jumat (16/1/2015). Harga solar subsidi dan premium akan turun.

"Saya kasih bocoran sedikit, pemerintah akan merevisi harga dasar BBM dalam 1-2 hari ke depan, dan akan diumumkan pada Jumat nanti," ujar Menteri ESDM Sudirman Said ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (14/1/2015).


Lewat penetapan harga dasar BBM pada Jumat depan, maka harga premium dan solar di SPBU akan berubah. Tidak perlu menunggu turun harganya pada Februari nanti.


"Ini karena menyikapi terus turunnya harga minyak yang di luar perkiraan kita. Sehingga tidak fair kalau harus menunggu Februari, penurunanya sudah terlalu tajam," ungkapnya.


Sudirman menegaskan, dengan akan direvisinya harga dasar BBM tersebut, harga BBM akan turun. "Harga BBM pasti turun," tutupnya.


Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH) Andy Noorsaman Someng memperkirakan harga premium pasti turun berkisar Rp 6.000/liter pada Februari mendatang, melihat penurunan harga minyak saat ini di bawah US$ 50 per barel.


"Kalau lihat harga minyak sekarang ini di bawah US$ 46/barel, harga bensin RON 88 saat ini hanya Rp 6.000/liter," ujar Andy.Next


(rrd/dnl)