Ini Menteri Perhubungan Singapura yang Diminta Meniru Gaya Bekerja Jonan

Jakarta -Media asing menulis gaya bekerja Ignasius Jonan sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) patut ditiru menhub Singapura, Lui Tuck Yew. Lui diharapkan bisa membereskan masalah transportasi di negeri jiran itu.

Lui menjabat sebagai Menhub Singapura sejak 2011. Politisi kelahiran 1961 ini sebelumnya menjabat sebagai Menteri Informasi, Komunikasi, dan Seni Singapura pada 2009 sampai 2011.


Lui memulai karirnya di Republic of Singapore Navy (RSN). Pada 1999 ia terpilih sebagai Chief of Navy. Pada 2003 ia bergabung dengan pemerintahan setelah ditunjuk menjadi CEO Maritime and Port Authority (MPA).


Beberapa jabatan di pemerintahan pernah ia jalani, seperti Deputi di Kementerian Transportasi pada 2004, dan CEO di Dewan Pengembangan Perumahan Singapura pada 2005.


Media asal Singapura, The Real Singapore dalam situsnya membandingkan Lui dengan Jonan. Sejak diangkat menjadi menteri, Liu juga sering terjun ke lapangan. Buktinya ada banyak foto Lui sedang naik kereta dan bus.


Sayangnya, kata media asing ini, sejak Lui menjabat menhub tingkat keterlambatan kereta menjadi naik dan tahun lalu banyak kereta yang mengalami gangguan di Singapura.


Tingkat layanan kereta yang menurun itu diperburuk dengan ongkos transportasi yang naik hingga dua kali di tahun 2014 lalu.


Seperti dikutip, Rabu (14/1/2015), media asing itu juga menulis seharusnya Lui bisa meniru gaya bekerja Jonan yang berani terjun langsung ke lapangan, seperti para menteri lain yang tergabung dalam Kabinet Kerja di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Aksi blusukan Jonan juga menjadi sorotan media dari negeri jiran tersebut. Jonan disinggung sudah sering terjun ke lapangan sejak menjabat sebagai orang nomor satu di BUMN kereta api.


Dalam artikel itu, foto yang dimuat adalah Jonan yang sedang tertidur meringkuk di salah satu kereta ekonomi. Foto yang diambil saat Hari Raya Idul Fitri tahun lalu 2014 itu juga sempat membuat heboh pemberitaan di tanah air.


(ang/dnl)