Mangkrak Nyaris 12 Tahun, Jembatan Soekarno Diresmikan Mei 2015

Manado -Masyarakat Manado (Sulawesi Utara) dan sekitarnya bakal bisa menikmati fasilitas Jembatan Ir Soekarno di Teluk Manado dalam waktu dekat. Targetnya 1-2 bulan lagi, jembatan dengan bentang mencapai 625 meter dan tinggi 18 meter ini bisa diresmikan dan segera beroperasi.

Kepala Divisi Jalan dan Jembatan PT Hutama Karya (Persero)‎ selaku kontraktor proyek ini mengatakan, bila tak ada aral melintang maka Mei 2015 jembatan sudah bisa diresmikan. Jembatan ini sempat mangkrak hampir 12 tahun.


"Peresmian rencananya Mei 2015, yang meresmikan pastinya Menteri PU. Mudah-mudahan Pak Jokowi bisa hadir," kata Suroto kepada detikFinance, Selasa (24/3/2015).


Suroto mengatakan, saat ini sisa kegiatan fisik jembatan hanya di sisi pinggir-pinggir pembatas jembatan. Lalu pemasangan lampu, dan pengaspalan lantai jembatan.‎ Semuanya masih dalam proses tender.


Jembatan ini akan mempersingkat dan mempermudah masyarakat yang melewati bibir Teluk Manado. Saat ini kendaraan yang akan menuju utara-selatan atau sebaliknya di sisi Kota Manado harus melipir di Teluk Manado, yang menjorok ke daratan. Posisi jembatan memotong sisi cerukan teluk, sehingga pengguna jalan bisa langsung menyeberangi teluk dengan jembatan ini.


"Dengan adanya jembatan ini maka masyarakat tak perlu memutari teluk," katanya.


Pembangunan Jembatan Soekarno di Manado dimulai sejak era mantan presiden Megawati Soekarnoputri yaitu 12 Oktober 2003. Jembatan ini sempat ditargetkan tuntas 2009, namun terus molor‎. Jembatan ini menggunakan dana APBN kurang lebih Rp 225 miliar.


(hen/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com