Menteri ESDM Geleng-Geleng, Peserta Lelang Jabatan Mau Dipalak

Jakarta -Proses seleksi eselon I atau lelang jabatan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sudah sampai kepada tiga nama teratas untuk masing-masing posisi. Di mana yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipilih.

Menteri ESDM Sudirman Said menuturkan, ketiga nama calon tersebut adalah orang terbaik yang ada sekarang. Siapapun dari ketiga nama yang terpilih menurut Sudirman tidak masalah.


"Jadi kalau 3 nama ini diajukan ke Presiden itu adalah nama-nama yang baik. Siapapun yang terpilih sama saja sekarang," ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor ESDM, Jakarta, Rabu (25/3/205).


Seperti diketahui, Kementerian ESDM melakukan rekturmen terbuka atau lelang jabatan, untuk posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi, Dirjen Mineral dan Batu Bara, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Koservasi Energi, Dirjen Ketenagalistrikan, dan Sekjen Dewan Energi Nasional.


Dalam proses ini, Sudirman mendapat laporan yang cukup membuatnya marah. Karena ternyata masih ada pihak-pihak yang memanfaatkan posisi ketiga calon yang lolos seleksi tahap akhir, untuk diminta sejumlah duit.


"Ada yang ngaku dari si A, keluarganya ini, orang terdekatnya ini, dan kalau mau jadi pejabat harus sediakan uang segini," jelasnya sambil menggelengkan kepalanya.


Ia mengatakan, jumlah uang yang diminta cukup mencengangkan. Meski Sudirman enggan menyebutkan berapa nominalnya.


"Jumlahnya cukup menarik lah. Tapi ternyata praktek semacam ini masih ada. Saya ingatkan kepada yang 15 calon yang lolos itu, jangan pernah percaya yang begituan," paparnya.


Menurutnya, banyak pihak yang tidak percaya instansi yang dinaunginya sudah menuju perubahan. Bahwa akan dilakukan upaya besar untuk memberantas tindakan kotor dan sejenisnya.


"Mungkin nanti saat masuk ke kantor presiden itu juga akan begitu. Jadi jangan percaya," tukasnya.


(mkl/rrd)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com