Bocoran Calon Kepala BKPM Baru: Bisa Pengusaha Atau Profesional BUMN

Jakarta - Chatib Basri telah dilantik menjadi Menteri Keuangan baru oleh Presiden SBY. Nama calon pengganti Chatib sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) masih misteri. Tapi apa bocorannya?

Menko Perekonomian Hatta Rajasa masih merahasiakan nama calonnya, namun menurutnya, Kepala BKPM baru bisa bersumber dari kalangan dunia usaha atau dari profesional BUMN.


"Pokoknya sumber itu bisa dari kalangan dunia usaha bisa dari kalangan profesional BUMN, kriteria ada tiga. Pertama dia harus tetap menjaga iklim investasi jangan sampai kehilangan kita. Kedua harus menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan kemudahan berusaha dan paket kebijakan ekonomi yang mendorong investasi. Itu saya sudah bicarakan dengan Pak Chatib, kita harus mengeluarkan paket baru kebijakan ekonomi Indonesia untuk menjaga momentum dan investasi, yang berkaitan insentif," tutur Hatta.


Hal ini disampaikan Hatta usai pelantikan Chatib sebagai Menkeu baru oleh Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5/2013).


Hatta mengatakan, nama Kepala BKPM baru sudah dikantongi oleh Presiden SBY. "Kriteria dulu, cepat itu (pemilihan Kepala BKPM) karena presiden sudah memikirkan itu, tapi saya jangan dulu ngomong," ujar Hatta.


Sebelumnya beredar kabar, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan akan ditunjuk menjadi Kepala BKPM. Sementara pengganti Karen sebagai orang nomor satu di Pertamina adalah Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya.


(dnl/dru)