Izin Belum Keluar, BlackBerry Q10 dan Z10 Dilarang Beredar di Indonesia

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) belum mengeluarkan izin edar produk Handphone (HP) BlackBerry jenis Q10 dan Z10. Sehingga dua model produk BlackBerry tersebut dilarang beredar di Indonesia.

Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kemendag Nuz Nuzilia Ishak mengatakan dua jenis BlackBerry tersebut hanya mengantongi izin edar di Malaysia.


"BlackBerry Q10 dan Z10 seharusnya tidak boleh dulu beredar. Hanya baru beredar di Malaysia jadi itu merembes (Penyelundupan). Dugaan kami adalah dari Batam," katanya saat ditemui di Hotel Aryaduta Jakarta, Selasa (21/05/2013).


Pihak Kemendag sudah melaporkan hal ini kepada pengadilan tinggi Jakarta Pusat. Cara ini dilakukan agar penindakan yang dilakukan Kementerian Perdagangan sesuai prosedur.


"Kita sudah ada ketetapan dari pengadilan untuk lakukan penggeledahan dan penyitaan untuk wilayah Jakarta. Ketetapannya baru kemarin terutama untuk barang di Roxy dulu. Namun jangan sampai juga kita disalahkan dalam melakukan penyitaan," katanya.


Pihaknya juga akan terus melakukan sidak terkait handphone bahkan VCD bajakan. Namun khusus untuk penindakan VCD bajakan, upaya yang dilakukan Kementerian mengalami kendala karena informasi telah bocor.


"Iya pasti dan kita proses. Itu kan sebetulnya sudah tertangkap tangan. Ada 6 jenis HP yang di situ juga (Roxy). Untuk VCD bajakan kita akan laksanakan tapi Anda tahu bahwa kita bocor hari Jumat kemarin. Datang ke 7 titik tetapi sudah tidak ada. Tenang aja. Kita pantau terus," cetusnya.


(hen/hen)