Para Bos BUMN Ramai-ramai Jadi 'Guru Dadakan' di Yogya

Yogyakarta - Sejumlah direktur Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini beramai-ramai mengajar di sejumlah sekolah Yogyakarta. Mereka berbagi pengalaman sekaligus memberikan motivasi kepada siswa SMA, SMK pada Hari Kebangkitan Nasional yang ke-105.

Sebagian besar mereka mengajar di almamaternya. Direktur Komersial PT Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Direktur PT Pelindo II Mulyono, Direktur Keuangan PT Wijaya Karya (Wika) Aji Firmantoro, dan Direktur Utama PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Danang Setyo Baskoro berbagi ilmu di SMAN 6 Kota Yogyakarta Jalan KH Kahar Muzakir.


Sedangkan Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto berbagi ilmu dan pengalaman mengajar di hadapan siswa SMA dan SMK Bopkri, di SMK Bopkri Wates Jalan Sugirin Wates, Kulonprogo.


Di SMA 6 Yogyakarta, kegiatan ini diikuti sekitar 250-an siswa kelas X dan XI. Acara yang diformat seperti dialog santai itu berlangsung di aula sekolah. Empat bos di beberapa BUMN itu satu-persatu tampil berbagai ilmu dan pengalaman.


Bambang Eka Cahyana mengungkapkan pada tahun 1980-an, SMAN 6 lebih dikenal dengan sebutan Namce itu terkenal dengan gudangnya anak-anak yang sedikit nakal. Namun kenakalannya itu ternyata menjadi sebuah energi positif dan membuat siswa-siswa kreatif dan bertanggungjawab.


"Hubungan dengan guru terjalin dengan baik dan akrab sampai sekarang. Bahkan ketika melanjutkan studi, banyak yang menempati berbagai berbagai jabatan penting baik di perusahaan dan pemerintahan," katanya.


(bgs/dnl)