Karen Agustiawan: Laba Pertamina dengan Petronas Mirip-mirip

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengklaim laba bersih antara perusahaannya dengan Petronas di Malyasia tidak beda jauh.

Karen menjelaskan, laba bersih perseroan relatif serupa jika operasional Satuan Kerja Khusus Pelasana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berada di bawah Pertamina.


"Kalau SKK Migas digabung sama Pertamina, laba Pertamina sama dengan Petronas. Kalau Pertamina dan Petronas dibandingkan apple to apple, labanya mirip-mirip," ucap Karen dalam acara Business Executive Gathering 2013 Kementerian BUMN dan BUMN di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (1/7/2013).


Semenjak ada undang-undang Migas, tugas regulasi dan operator migas dipisahkan dari Pertamina mulai 2001. Namun, secara operasional bisnis, Pertamina kerap menjalin kerjasama dengan perusahaan migas dunia termasuk Petronas.


"Petronas dan Pertamina sama, knowledge manajemen kita sama. Kita banyak kerjasama dengan Petronas," tambahnya.


Seperti diketahui pada tahun 2012, Pertamina berhasil menorehkan laba bersih sebesar Rp 25,89 triliun. Laba ini diklaim merupakan pencapaian terbesar di Pertamina. Sementara, Petronas berhasil meraup laba bersih senilai Rp 182,9 triliun di tahun yang sama.


(feb/dru)