Hatta: Mengurus Izin Investasi Bisa Bertahun-tahun

Jakarta -Banyak perizinan di daerah merupakan salah satu penghambat investasi. Namun, pemerintah sendiri mengakui tidak mudah untuk memangkas perizinan di daerah.

"Perizinan merupakan salah satu penghambat investasi di daerah. Tidak mudah bagi pemerintah untuk memangkas banyaknya perizinan tersebut," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam sambutannya di acara APKASI International Trade and Investment Summit, di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (14/4/2014).


Hatta mencontohkan, seperti pengeboran minyak di daerah yang membutuhkan sedikitnya 89 perizinan. Untuk memenuhi semua perizinan tersebut memerlukan waktu bertahun-tahun.


"Kita memerlukan upaya layanan terpadu dan percepatan perizinan untuk mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi yang merata diseluruh Indonesia," ucapnya.


Hatta menambahkan, selain perizinan masalah pembebasan lahan pun turut menghambat laju investasi. "Kita tahu mega proyek 2x1.000 megawatt PLTU Batang di Jawa Tengah terhambat karena pembebasan lahan," keluhnya.


Dalam acara APKASI ini hadir sejumlah menteri dan bupati-bupati seluruh Indonesia. Menteri yang hadir adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pertanian, serta Kepala BKPM. Tidak hanya itu, pedangdut Rhoma Irama pun terlihat menghadiri hajatan ini.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!