Ini Kata Wamendag Soal 4 Mafia yang Muncul di Debat Cawapres

Jakarta -Dalam debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Minggu malam (29/06/2014), Cawapres nomor urut 2 Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan keberadaan praktik mafia, terutama di sektor ekonomi. Mafia itu adalah mafia minyak, mafia bibit (benih), sapi, dan gula. Apa komentar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi?

Menurut Bayu, segala tindakan nakal di sektor ekonomi termasuk praktik mafia tidak dibenarkan.


"Perilaku manipulatif dan eksploitatif dalam kegiatan perdagangan harus dihilangkan," tegas Bayu kepada detikFinance, Selasa (01/07/2014).


Bayu mengakui, keempat sektor yaitu minyak, gula, bibit, serta sapi adalah yang paling strategis di sektor ekonomi. Apalagi Indonesia belum mampu sepenuhnya memproduksi secara mandiri keempat sektor ini sehingga masih bergantung impor.


"Iya masing-masing memiliki arti strategisnya masing-masing," imbuhnya.


Untuk menekan praktik mafia, menurut Bayu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan kebijakan yang tepat, rumusan regulasi yang jelas, serta pelaksanaan dan pelaksana aturan yang tegas.


"Dan pemerintah terus berusaha menyempurnakan perangkat yang ada agar mencapai ketiga hal tersebut," jelasnya.Next


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!