Ada 100.000 Lowongan CPNS, Sudah 60.000 Orang yang Mendaftar

Jakarta -Tahun ini, pemerintah membuka lowongan untuk 100.000 posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Situs pendaftaran online di alamat https://panselnas.menpan.go.id/ telah bisa diakses dengan normal.

Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), menyebutkan situs pendaftaran CPNS telah berfungsi normal setelah pada masa-masa awal sempat bermasalah. Sudah 60.000 pelamar yang berhasil memasukkan datanya.


"Yang sukses mendaftar secara online di portal panselnas.menpan.go.id sampai pukul 01.00 WIB tadi malam mencapai 60.000. Artinya performa portal nasional bagus," ungkap Herman kepada detikFinance, Selasa (26/8/2014).


Jika ada calon pelamar yang masih kesulitan mengakses situs pendaftaran, lanjut Herman, maka masalahnya bukan pada portal panselnas.menpan.go.id. "Mungkin kapasitas internet yang bersangkutan terbatas," ujarnya.


Saat ini, tambah Herman, sudah ada delapan instansi yang membuka pendaftaran yaitu Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Keuagan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perdagangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Badan Narkotika Nasional (BNN).


"Instansi yang lain akan segera menyusul," tutur Herman.


Setelah mendaftar di portal panselnas.menpan.go.id, demikian Herman, para pelamar akan mendapatkan notifikasi melalui email untuk mendapatkan username dan password.


"Selanjutnya setelah 1x24 jam para pelamar baru bisa login ke portal instansi atau ke sscn.bkn.go.id bagi instansi yang tidak memiliki portal," sebutnya.


(hds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!