BUMN Ini Sukses Bikin Lokomotif Anti Banjir Made in Madiun

Jakarta -Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen kereta, PT Industri Kereta Api (INKA) berhasil mengembangkan dan melahirkan berbagai produk kereta, salah satunya adalah lokomotif anti banjir atau Lokomotif Diesel Hidraulic.

Loko penarik kereta ini diracang dan dibuat oleh insinyur asli Indonesia di markas INKA, Madiun Jawa Timur.


"Kita bisa buat lokomotif yang tahan banjir. Menggunakan mesin diesel hidrolik," tutur Direktur Utama INKA Agus Purnomo.


Lokomotif ini dirancang sesuai dengan kondisi alam dan jalur kereta Indonesia. Pasalnya jika musim hujan tak jarang jalur rel digenangi banjir akibatnya lokomtif tertentu bisa mogok.


Bahkan dengan mesin diesel hidrolik, lokomotif ini, bisa tahan saat melewati banjir setinggi 1 meter. Hal ini tidak ditemui pada lokomotif sejenis buatan pabrikan luar negeri.


Lokomotif penarik kereta ini, dilengkapi fasilitas kamera monitor dan generator untuk kebutuhan listrik kereta yang ditarik. Lokomotif yang diproduksi di Madiun ini, lahir berkat pesanan dan permintaan dari Kementerian Perhubungan.


Selain mampu menghasilkan lokomotif, INKA juga bisa membuat kereta berbagai tipe seperti Rail Bus, Kereta Penumpang, Monorel, Kereta Rel Diesel Electric (KRDE), Kereta Diesel Indonesia (KRD-I), Kereta Diesel, Kereta Rel Listrik, Gerbong Barang untuk berbagai tujuan, bahkan Bus Gandeng (Articulated Car) untuk TransJakarta.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!