Blusukan Saleh Husin: Kunjungi Pabrik Truk dan Jadi Artis Dadakan

Jakarta -Menteri Perindustrian Saleh Husin mulai blusukan semenjak dirinya dilantik. Hari ini, Saleh blusukan ke pabrik otomotif dan elektronika, hingga ke kawasan industri.

Kegiatan diawali pukul 08.45 WIB, saat Saleh tiba di Pabrik Hino Motors Manufacturing Indonesia di Bukit Indah, Purwakarta, Jawa barat. Saleh didampingi pejabat Kementerian Perindustrian, disambut oleh pihak Hino yang dipimpin oleh Presiden Direkturnya, Akihito Yamanaka.


Selama kurang lebih 1 jam, pria asal Rote ini diajak berkeliling kompleks pabrik untuk melihat bagaimana proses produksi bus dan truk bermerek Hino ini.


"Ini kunjungan pertama saya sebagai Menteri Perindustrian,ke industri otomotif. Tujuannya adalah untuk melihat mendengar masukan secara langsung di lapangan," kata Saleh di Pabrik Hino Motors, Selasa (4/11/2014).


Setelah melakukan kegiatan di Pabrik Hino, Saleh bergeser melanjutkan blusu‎kannya ke kawasan industri di Karawang, yaitu Karawang International Industry City. Tak berlangsung lama, Saleh hanya berbincang sebentar mendengarkan keluhan-keluhan dari para pelaku kawasan industri seperti pembebasan lahan, perizinan, dan demo-demo buruh yang kerap terjadi.


Kemudian rombongan kembali beranjak menuju tujuan terkabir blusukan yaitu pabrik printer Epson, di Cikarang, Jawa Barat. Tak hanya disambut oleh direksi dari Epson, Saleh juga menjadi artis dadakan saat buruh-buruh Epson mengajaknya berselfie ria pada jam makan siang.


"Saya baru pertama kali ke sini," katanya.


Tak jauh berbeda dengan blusukannya di Hino Motors, Politisi Hanura ini pun diajak berkeliling untuk melihat bagaimana proses produksi printer dan scanner. Dia menekankan agar diupayakan peningkatan komponen dalam negeri dalam material produk yang dibuat. Sekitar pukul 15.00 WIB, Saleh dan rombongan kembali ke Jakarta.


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!