Ini Kota dengan Upah Buruh Tertinggi di Atas Jakarta

Jakarta -DKI Jakarta bukan kota di Indonesia yang memiliki nilai upah buruh tertinggi. Nilai upah Jakarta sebulan Rp 2,4 juta, lebih rendah dibandingkan Kota Batam dengan upah minimum sektoralnya mencapai Rp 2.640.080 per bulan.

"Upah Batam leih tinggi dibandingkan Jakarta," ungkap Dewan Pengupahan DKI Jakarta dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Asrial Chaniago kepada detikFinance, Sabtu (8/11/2014).


Menurut Asrial, biaya hidup yang cukup besar menjadi salah satu alasan tingginya nilai upah buruh di daerah tersebut. Tingginya harga kebutuhan dasar Batam karena bersinggungan langsung dengan negara Singapura.


"Memang biaya hidup di Batam cukup tinggi. Contoh makan siang di warung Batam sekali makan Rp 20.000, Jakarta hanya Rp 10.000," imbuhnya.


Sama dengan Batam, upah yang diterima pekerja di Papua khususnya Kota Jayapura juga cukup tinggi, yaitu Rp 2.142.000. Namun nilai upah minimum kota (UMK) Jayapura masih jauh lebih rendah dibandingkan Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, dan Tangerang. "Jayapura kondisinya hampir sama, karena biaya hidup cukup mahal di sana," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!