Menteri Ini Mau Setop Pembelian Mobil Hingga Tekan Perjalanan Dinas

Jakarta -Menjadi menteri di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan menekan anggaran-anggaran dinas yang boros.

Dia memastikan tidak akan ada lagi pegawai di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang menggelar acara di hotel. Kemudian, Puspayoga juga akan menghapus anggaran pembelian mobil dinas, dan menekan perjalanan dinas


"PNS nggak boleh rapat di hotel itu bagus. Sekarang (untuk APBN) 2015 juga tidak ada pembelian mobil lagi," ungkap Puspayoga di kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (7/11/2014)


Menurutnya, kendaraan yang tersedia sudah cukup banyak di kantornya dan masih layak beroperasi. Sehingga tidak lagi dibutuhkan kendaraan baru. Sementara untuk perjalanan dinas, akan dievaluasi lebih lanjut.


"Perjalanan dinas juga akan dievaluasi dan dikurangi," sebutnya.


Selain itu, Puspayoga juga lebih memilih perjalanan dinas pesawat dengan kelas ekonomi. Begitu pun dengan para pegawainya nanti.


"Saya memang saya nggak pernah naik kelas bisnis, pas jadi walikota, wakil gubernur (Bali) juga kelas ekonomi. Pegawai kita juga," kata


Tahun depan, anggaran Kemenkop UKM adalah sebesar Rp 1,4 triliun. Lewat penghematan tersebut, instansinya dapat menghemat anggaran sampai dengan 10%.


"Jadi 5-10% dari anggaran yang memang yang bisa diefisiensi," jelasnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!