'RI Cuma Punya 213 Waduk, Korea Selatan Ribuan'

Jakarta -Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) bakal gencar membangun infrastruktur pertanian, khususnya waduk untuk mengejar swasembada pangan. Saat ini jumlah waduk di Indonesia masih sedikit.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan, Indonesia baru memiliki 213 waduk. "Kalau anda lihat Korea itu ribuan. Itu namanya ketahanan air. Makin banyak air yang ditampung sebelum dibuang ke laut," kata Basuki di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat malam (7/11/2014).


Sekarang ini, ujar Basuki, waduk yang ada di Indonesia baru menjamin pasokan air utuk irigasi seluas 7,3 hektar. Pemerintah saat ini berencana membangun sekitar 30 waduk.


"Tambahan 30-an waduk akan menambah (pasokan air) 19 miliar meter kubik, untuk irigasi," jelas Basuki.


Dia mengatakan, di sisa dua bulan tahun ini, pemerintah akan melakuakn tender proyek 5 waduk. Lokasinya di Aceh, Banten, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).


"Desember tanda tangan kontraknya, Februari 2015 akan groundbreaking. Tiap tahun ditargetkan 5 waduk," ucap Basuki.


"Sehingga dalam 3 tahun kita bisa kejar target swasembada beras, jagung, dan kedelai," cetusnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!