BUMN Ini Mau Jual 20% Saham Anak Usaha ke Investor Malaysia

Jakarta -PT Indofarma Tbk (INAF) berniat melepas 20% saham anak usahanya, PT Indofarma Global Medika (IGM) ke investor asal Malaysia. Dana yang bisa diraup perseroan diperkirakan US$ 20 juta (Rp 240 miliar).

"Saat ini perseroan sedang melakukan penjajakn dengan calon investor tersebut yang berkeinginan menempatkan dananya di anak perusahaan yakni IGM," kata Corporate Secretary Indofarma Yasser Arafat dalam keterangan tertulis kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (6/11/2014).


Menurutnya, investor tersebut juga membawa produk farmasai dan alat kesehatan yang rencananya akan didistribusikan melalui IGM ke seluruh Indonesia.


"Dengan demikian, rencana private placement ini juga diselaraskan dengan pengembangan anak perusahaan untuk menjadi distributor farmasai dan alat kesehatan yang terkemuka," ujarnya.


Saat ini, perusahaan pelat merah itu pegang 99,9% saham di IGM. Selain rencana pelepasan saham, perseroan juga berniat membayar utang Medium Term Notes (MTN) di akhir tahun ini.


"Sesuai siklus bisnis perseroan, kami akan mempunyai kelonggaran kas pada akhir tahun ini yang didapatkan dari pelunasan pengadaan tender baik dari Pemerintah maupun swasta sehingga perseroan mempunyai kemampuan untuk melunasi utang MTN yang akan jatuh tempo 20 Desember 2014," jelasnya.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!