Jembatan Soekarno 11 Tahun Tak Rampung, Ini Kata Menteri Basuki

Jakarta -Sejak mulai dibangun pada 12 Oktober 2003, Jembatan Soekarno sepanjang 622 meter di Manado, Sulawesi Utara belum juga selesai pembangunannya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimuljono mengatakan, menurut pihak pemerintah provinsi Sulawesi Utara, jembatan ini akan segera diselesaikan.


"Jembatan Soekarno sudah mau selesai. Gubernurnya sudah bilang ke saya, katanya sudah mau selesai. Tapi saya mau cek lagi nanti," tutur Basuki di kantornya, Jakarta, Selasa (4/11/2014).


Jembatan ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh mantan presiden Megawati Soekarnoputri, pada 11 tahun silam. Tapi hingga sekarang jembatan ini belum juga tersambung 100%.


Alasannya adalah, putusnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur. Jembatan Kukar dan Soekarno dinilai memiliki desain konstruksi serupa sehingga Jembatan Soekarno harus dirancang ulang. Namun Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai menggelontorkan biaya untuk melanjutkan pembangunan Jembatan Soekarno.


Dari pantauan detikFinance Oktober 2014 lalu di Pelabuhan Calaca Manado, terlihat peralatan konstruksi dengan logo PT Hutama Karya (Persero) telah dipasang di area jembatan. Bentangan jembatan mulai disambung.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!