Tak Cuma Sarjana Ekonomi, Lulusan SMA Juga Bisa Kerja di Bank

Jakarta -Ikatan Bankir Indonesia (IBI) menggelar Bankers Career Expo 2014 di Gedung Smesco, Jakarta. Ada belasan bank yang membuka lowongan bagi para pencari kerja.

Ferry Prima Adhyaksa, salah satu panitia, menyebutkan posisi yang dibutuhkan beragam. Mulai dari teller, sales, management trainer, personal banker, hingga micro banking collection.


"Jadi banyak sekali posisi yang dibutuhkan. Beragam, tergantung masing-masing bank," ungkapnya kepada detikFinance di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (4/11/2014).


Menurut Ferry, 14 bank yang berpartisipasi dalam acara ini membutuhkan karyawan dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma 3 (D3), Strata 1 (S1), hingga Strata 2 (S2). Usia yang dibutuhkan adalah 20-35 tahun.


"Tidak cuma ekonomi, tapi semua jurusan kita terima. Pendidikannya pun juga ada yang dari SMA hingga S2," terangnya.


Akan tetapi, lanjut Ferry, juga akan dinilai terkait beberapa keahlian khusus. Misalnya dari sisi komunikasi, bahasa asing, atau kecepatan serta ketelitian dalam pengolahan data.


"Kalau seperti sales atau teller tentu harus punya komunikasi yang bagus. Kan jualan," sebut Ferry.Next


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!