Curhat Anggota DPD ke Menteri Susi: Nelayan Tak Berdaya Hadapi Maling Ikan

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti hari ini bertemu dengan DPD di ruang GBHN Komplek Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Susi diberondong pertanyaan, keluhan, hingga masukan mengenai potensi laut di berbagai daerah di Indonesia.

"Intinya kami memberi masukan kepada Ibu Susi tentang permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan di daerah kami masing-masing," ujar Anggota Komite II DPD asal Aceh, Rafli Kande, saat ditemui usai pertemuan, Rabu (5/11/2014).


Contohnya seperti di wilayah Aceh sendiri, tutur dia, banyak nelayan dari negara tetangga yang tertangkap melakukan penangkapan ikan secara ilegal.


"Kita dekat dengan Thailand, yang selalu tertangkap nelayan asal Thailand. Kita minta adanya penjagaan atau pos dengan peralatan yang lengkap, dan juga butuh lemari pendingin yang besar," jelas Rafli.


Ia pun menceritakan permasalahan serupa di perairan Maluku. "Tadi di dalam, teman saya dari Maluku juga sempat sampaikan. Katanya di Maluku bagian tenggara banyak seperti pasar malam, banyak kapal yang mencuri di sana. Tapi nelayannya nggak bisa apa-apa karena kalau mendekat kapalnya ditenggelamkan," ungkapnya.


Untuk itu, dia berharap agar Susi tetap semangat menjalankan tugasnya menjaga kekayaan laut Indonesia.


(dna/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!