Sudirman Said: Copot Pejabat Rapor Merah dan Cari Solusi Krisis Listrik

Jakarta -Menteri ESDM Sudirman Said hari ini membuat heboh dunia perminyakan nasional. Karena berani mencopot pejabat yang dinilai menjadi sumbatan kinerja Kementerian ESDM.

"Hari ini saya menandatangani SK (surat keputusan) mengangkat Plt Dirjen Migas Naryanto Wagimin menggantikan Edy Hermantoro," kata Sudirman di kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Selasa (4/11/2014).


Alasan pencopotan tersebut, karena Ditjen Migas mendapatkan nilai merah berdasarkan laporan dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).


"Saya sebenarnya tidak ingin menghakimi di kalangan pers. Cuma ini berdasarkan laporan UKP4 yang memberikan rapor merah terhadap kinerja Ditjen Migas," jelas Sudirman.


Sebelum mengumumkan pergantian pejabat di Kementerian ESDM, pagi-pagi Sudirman sudah rapat di Kantor SKK Migas Wisma Mulia, Jalan Gatot Subroto untuk membahas calon-calon Kepala SKK Migas yang saat ini masih dijabat Plt Kepala SKK Migas Johanes Widjonarko.


"Surat sudah saya sampaikan ke Komite Pengawas. Ada 5 calon yang harus di-review kembali oleh Komite Pengawas sebelum diajukan ke Presiden. Satu-dua minggu lagi selesai," ungkapnya.


Usai rapat dengan SKK Migas, dirinya langsung rapat kembali dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara untuk mengikuti Rakornas Kabinet Kerja.Next


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!