Menkeu Bambang, Kumpulkan Pejabat Pajak dan Meladeni Investor Asing

Jakarta -Pekan kedua menjabat Menteri Keuangan, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengawali tugasnya di kantor Presiden. Bambang mengikuti sidang kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri lainnya.

Sidang dimulai pukul 09.00 WIB. Bambang tampak seragam mengenakan batik berwarna coklat.


Pembahasan sidang kabinet terkait dengan penerimaan negara, khususnya untuk sisa dua bulan akhir tahun ini. Baik dari sisi pajak, minyak dan gas bumi (migas), dan sektor-sektor lainnya.


Sekitar pukul 11.30 WIB, sidang selesai. Bambang tampak terburu-buru menuju ke mobil yang telah siap berangkat.


Pukul 14.00 WIB, Bambang melakukan sambungan langsung (teleconference) dengan para investor dari Asia dan Uni Eropa, jumlahnya mencapai 209 orang. Bambang memperkenalkan diri sebagai Menteri Keuangan baru, sekaligus menginformasikan arahan kebijakan ekonomi lima tahun ke depan.


Ia kemudian melanjutkan kegiatannya di kantor Direktorat Jenderal Pajak. Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tersebut menemui 18 kepala kantor wilayah (kanwil) besar se-Indonesia.


Tujuannya adalah, untuk menyampaikan arahan Presiden Jokowi terkait peningkatan penerimaan pajak. Apalagi dengan kondisi dalam sepuluh tahun terakhir, target itu tidak pernah tercapai.


Pukul 21.00 WIB, Bambang kembali melakukan sambungan langsung dengan para investor dari Amerika Serikat (AS). Jumlahnya mencapai 70 yang terdiri dari investor saham dan obligasi. Kegiatan ini dilakukan hingga pukul 22.00 WIB.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!