Mendag Gobel: Menteri Sekarang Jemput Bola, Tidak Menunggu

Jakarta -Kabinet Kerja yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), disebut berbeda dengan pemerintahan sebelumnya. Menteri di Kabinet Kerja bersifat menjemput bola.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, dirinya hari ini blusukan ke Pasar Induk Beras Cipinang. Tak hanya di jam kerja, Rachmat pun melakukannya di tengah malam dan subuh.


"Sekarang menteri jemput bola, tidak menunggu. Seperti saya sebagai Menteri Perdagangan," kata Rachmat di acara Economic Outlook 2015 di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Kamis (6/11/2014).


Rachmat mengatakan, beberapa hari ini dirinya sibuk dengan pertemuan-pertemuan dengan kalangan usaha dan kunjungan kerja ke pasar-pasar. Saat blusukan, Rachmat mendengarkan keluh kesah pedagang.


"Di pasar induk kemarin saya berbincang dengan sopir truk yang sedang menurunkan cabai dari Mataram. Saya tanya berapa hari kirim," kata Rachmat.


Kadang, saat blusukan Rachmat tidak sendirian. Dia kerap kali terlihat bersama Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Perindustrian Saleh Husin, atau Menteri Pertanian Amran Sulaiman.


Rachmat beralasan, pergi bersama melakukan kunjungan ke lapangan akan mempermudah dalam mengatasi masalah.


"Sebagai Mendag saya proaktif jemput bola. Kalau ada kunjungan apa, saya ajak Mentan, kalau usaha kecil saya ajak Menkop. Kalau perindustrian saya ajak Kementerian Perindustrian. Tujuannya apa, biar cepat. Inilah cara kerja yang efektif supaya kita bisa menghemat waktu." paparnya.


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!