Ini Tips Bagi yang Punya Usaha Tapi Bingung Cari Tambahan Modal

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Saya Giyanto, memiliki usaha keluarga bidang makanan berupa gudeg dan ayam bakar madu di kantin karyawan Pondok Indah Mall 1 Jakarta selatan. Usaha keluarga kami ini sudah berjalan selama 14 tahun.

Kami berencana untuk mengembangkan usaha tersebut dengan membuka cabang di pingir jalan raya agar bisa lebih dikenal orang. Permasalahannya adalah kami terbentur oleh modal dan dana untuk sewa tempat yang terlalu mahal.


Untuk pinjam ke bank bukannya kami tidak bisa membayar cicilan tetapi terbentur oleh persyaratan karena tempat tinggal kami pun masih mengontrak. Bagaimanakah solusi serta saran dari bapak agar kami tetap bisa membuka cabang dan mengembangkan usaha kami dengan modal terbatas?


Terima Kasih


Jawaban:

Dear Giyanto,


Usaha Anda sudah berjalan cukup lama yaitu 14 tahun, tentu sudah mempunyai pengalaman dan pelanggan yang banyak. Dengan bertahannya sampai 14 tahun ini tentu juga masakan di kantin Anda tentu mempunyai rasa yang digemari oleh pelanggan Anda.


Jika ada kendala dalam mengembangkan usaha Anda khususnya dalam modal dan sewa tempat, dan terkendala juga dalam persyaratan proses peminjaman di Bank, beberapa alternatif akses permodalan dari saya sebagai berikut:Next


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!