Kejar Target Jokowi, Menkeu Bambang Kumpulkan Kepala Kanwil Pajak se-Indonesia

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kurang optimalnya penerimaan pajak. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat heran karena dalam 10 tahun terakhir penerimaan pajak tidak pernah mencapai target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Untuk menggenjot penerimaan pajak, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro hari ini menggelar rapat dengan 18 Kepala Kantor Wilayah Pajak Besar di seluruh Indonesia.


Agenda rapat ini adalah membahas upaya mengejar target setoran pajak 2014 yang sebesar Rp 1.072,38 triliun. "Rapat bagaimana mengupayakan target penerimaan pajak bisa tercapai," ungkap Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (3/11/2014).


Rapat ini berlangsung dari pukul 15.00 WIB. Mardiasmo menuturkan, masing-masing Kanwil menyampaikan permasalahannya dalam rapat. Termasuk dengan target setoran yang realistis dan mampu dicapai sampai akhir tahun.


"Ada masalah apa sampai tidak mencapai target. Harus sekian persen tapi yang realistis, kan cuma 2 bulan," jelasnya.


Kemudian dicari berbagai langkah yang mampu ditempuh. Baik dari Kanwil sendiri maupun pemerintah pusat, agar target yang sudah ditetapkan mampu dicapai.


"Intinya tadi kita lihat masalah di lapangan seperti apa. Apa yang bisa dibantu pusat, dan harus menghubungi siapa," terangnya.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!