JK: Jangan Jor-joran Tiket Murah Hingga Abaikan Keselamatan

Jakarta -Sejumlah maskapai penerbangan kerap menawarkan dan menjual tiket pesawat dengan harga sangat murah, bahkan bisa sampai Rp 0. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkritik kebijakan tiket murah yang berpotensi mengabaikan faktor keselamatan.

"Maksudnya ialah jangan jor-joran pakai tiket murah sehingga mengabaikan keselamatan," tegas JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2014).


Menurut JK, bagaimana pun keselamatan adalah hal utama yang harus dikedepankan seluruh pihak yang terlibat dalam industri penerbangan. Jangan sampai karena niat memburu penumpang, maskapai berlomba menawarkan tiket murah tetapi menjadi abai akan keselamatan.


Pemerintah, menurut JK, juga tidak bermaksud membuat tiket penerbangan menjadi mahal. Namun dia ingin agar maskapai tetap memperhatikan faktor keselamatan.


"Bukan ingin menghapuskan, masa mau mahal. Tapi jangan karena tiket memburu penumpang sehingga mengabaikan keselamatan," terangnya.


Selain itu, JK pun menyinggung ekspansi perusahaan penerbangan yang kadang terlalu berlebihan. "Jangan jor-joran bikin trayek yang tanpa izin. Jangan karena harus tiketnya murah maka harus terbang ke mana saja," tambahnya.


(fiq/hds)