Menko Sofyan Terima Perwakilan Timor Leste, Ini yang Dibahas

Jakarta -Menko Perekonomian Sofyan Djalil pagi ini menerima kedatangan Joao Mendes Goncalves yang merupakan perwakilan pemerintah Timor Leste dalam misi trilateral Indonesia-Timor Leste-Australia. Pertemuan berlangsung sekitar 1 jam dari pukul 08.00 WIB di kantor Menko Perekonomian, Jakarta.

"Pertemuan melanjutkan pembahasan mengenai trilateral dengan Australia bagian utara, Timor Leste, dan Indonesia bagian timur. Ini konsep pembangunan di antara ketiga negara," ungkap Rizal Affandi Lukman, Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Rabu (14/1/2015).


Di bidang ekonomi, kata Rizal, banyak sektor yang nantinya digarap secara bersama. Seperti peternakan, perdagangan, kelautan, serta minyak dan gas bumi.


"Bahwa kerja sama itu akan memberikan dampak positif untuk ekonomi wilayah timur dan akan positif untuk bisa melakukan kerja sama dengan wilayah tetangganya. Akan memberikan manfaat untuk masyarakat," terang Rizal.


Proses trilateral tengah dalam pengkajian di Charles Darwin University. Bulan depan, kajian akan dipublikasikan kepada ketiga perwakilan pemerintah di Australia.


"Kemudian akan disepakati untuk pembentukan senior advisor," sebutnya.


Goncalves menambahkan, ketiga negara sudah berkomitmen untuk melanjutkan rencana trilateral. Diharapkan pada bulan depan sudah ada perkembangan.Next


(mkl/hds)