JK: Usaha Kecil-Menengah di Jepang Sudah Pakai Teknologi Maju

Jakarta -Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengungkapkan perkembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Jepang jauh lebih pesat dari Indonesia termasuk dalam hal penggunaan teknologi terkini.

Sehingga kedatangan Chairman Japan Chamber of Commerce and Industry Akio Mimura ke Indonesia hari ini, bisa dimanfaatkan untuk kerja sama antara IKM lokal dengan Jepang seperti di sektor otomotif.


"Umumnya mereka bekerja dengan teknologi yang lebih maju dari kita. Katakan lah bikin sparepart mobil, bikin bagian-bagian tertentu seperti TV macam-macam kan dibutuhkan teknologi kan," kata JK di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/2/2015).


Ia mengatakan saat ini di Indonesia sudah banyak IKM asal Jepang yang sudah membuka usaha, termasuk di industri otomotif. Indonesia memang membutuhkan lebih banyak IKM sektor otomotif sebagai pemasok komponen industri skala besar.


"Dia teknologinya tetap bagus seperti part-part kendaraan. Itu usaha menengah itu," katanya.


Misalnya dalam kasus industri mobil dan motor, perkembangnya IKM-IKM pemasok atau tier 2 dan 3 masih dibutuhkan lebih banyak. Harapannya, meningkatnya pelaku IKM otomotif akan menekan impor suku cadanga atau komponen.


"Pasti mengurangi impor," katanya.Next


(jor/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com