Ini Tips Berinvestasi untuk Pegawai Bergaji Rp 3,8 Juta per Bulan

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Perkenalkan saya Anita 28 tahun. Saya bekerja di sebuah Kementerian dengan status sebagai staff honor, dan saya single.

Saat ini saya sebagai perantau di Jakarta dan tinggal di kos, orang tua ada di Jawa. Gaji saya per bulan Rp 3,825 juta/bulan, di mana saat ini saya ingin merencanakan masa depan dengan penghasilan tersebut.


Sekarang ini saya belum merencanakan sama sekali langkah apa yang harus saya ambil untuk mulai merencanakan masa depan. Gaji saya biasanya habis 75% yang saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari tetapi tidak ada rincian pastinya.


Padahal, semenjak 4 bulan terakhir saya sudah jarang untuk shopping, paling cuma buat nonton dan makan sama teman di resto dan itu pun tidak tiap hari ketemu teman.


Biaya kos kebetulan dibantu sama orang tua dengan biaya Rp 800.000 bulan, sedangkan kebutuhan pribadi seperti makan dan lain-lain dari uang gaji, dengan rincian kira-kira Rp 100.000-200.000 minggu.


Tapi selalu saja ada kebutuhan mendadak yang membuat saya mengeluarkan uang lebih tiap saat, sehingga sampai saat ini saya hanya mempunyai tabungan dalam bentuk uang kurang lebih Rp 10 juta, dan tabungan emas dalam bentuk perhiasan kira-kira mencapai 100 gram, itupun sudah saya kumpulkan sejak 3 tahun lalu. Kalau dapat rezeki lebih selalu saya belikan emas walaupun 1-2 gram saja.


Saya ingin bertanya, apa yang harus saya lakukan agar bisa merencanakan masa depan dan langkah apa yang harus saya ambil. Saya juga sering berpikir bahwa saya masih single dan masih sah untuk senang-senang menggunakan semua gaji saya, tapi di lain pihak saya mulai berpikir, kalau gaji habis terus buat senang-senang, kapan bisa menabung dan lain-lain?Next


(ang/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com