Manado, Kota di Indonesia Timur yang Harga Propertinya Melesat

Manado -Kota Manado di Sulawesi Utara, salah satu kawasan yang mulai menggeliat perkembangan propertinya di Indonesia Timur. Beberapa proyek seperti hunian rumah tapak, rumah toko (ruko), hotel, bahkan apartemen telah meramaikan wajah kota di utara Sulawesi ini.

Kehadiran pengembang-pengembang besar sudah mulai menyicipi properti di kawasan ini. Sebut saja ‎Ciputra Grup yang termasuk pelopor pengembang di kawasan ini. Selain itu, ada juga AKR Land Development dengan proyek mal Grand Kawanua City, lalu ada WIKA Realty dengan proyek apartemen tepi laut Tamansari Lagoon dikembangkan dengan konsep mixed use building‎, hingga Lippo yang sudah lama menancapkan proyeknya di Manado, seperti mal, hotel, bahkan yang terbaru akan membangun apartemen tepi laut di Teluk Manado yang juga berkonsep superblok.


Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan, Kota Manado merupakan salah satu kota di Indonesia Timur yang propertinya sedang 'naik daun' seperti Makassar dan Balikpapan. Namun Ali mengakui, segmen properti di kawasan ini termasuk Manado masih menyasar segmen menengah dan terbatas untuk segmen atas.‎ Meskipun ada beberapa proyek apartemen seperti yang dijual WIKA bahkan termasuk Lippo yang harganya sudah miliaran rupiah per unit.


"‎Untuk menengah atasnya masih terbatas, namun potensi ke depannya bagus di Manado," katanya kepada detikFinance, Rabu (25/3/2015).


Ali mengatakan, pengembang properti yang masuk ke Manado khususnya di segmen bangunan bertingkat tinggi (high rise building) seperti apartemen, berlomba menawarkan konsep yang menjadi kekuatan Kota Manado yaitu wisata maritim.


Hunian apartemen dibangun di tepi pantai yang berhadapan langsung dengan kawasan wisata Bahari Bunaken dan Gunung Manado Tua di depan Teluk Manado.


"Memang ada unsur menjual gengsi, wah hebat hunian di tepi laut," katanya.Next


(hen/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com