Chatib Basri Jadi Menkeu, Bos Pertamina dan Kepala BKPM Diisi Orang Baru?

Jakarta - Presiden SBY telah memilih Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan yang baru menggantikan Agus Martowardojo yang pindah menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Lalu siapa yang bakal menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggantikan Chatib?

Menurut berbagai sumber kuat detikFinance, Kepala BKPM akan diduduki oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, sementara posisi Direktur Utama Pertamina akan digantikan oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya.


"Yang jelas Pak SBY menunjuk Chatib menjadi Menkeu, kemudian nanti di BKPM akan diisi oleh Karen Agustiawan dari Pertamina. Dan Dirut Pertamina adalah Hanung," ujar sumber detikFinance tersebut, Senin (20/5/2013).


Sumber lain di pemerintahan juga mengatakan hal yang sama. Namun belum jelas apa alasan rencana perubahan struktur tersebut.

Saat ini, Karen memang jarang sekali muncul di setiap acara-acara Pertamina. Sementara Hanung sering terlihat tampil dama setiap kesempatan acara-acara penting yang dilakukan Pertamina.


Hari ini, SBY telah mengumumkan penunjukan Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan baru.


(dnl/dru)