Incar Rp 1,5 Triliun, Sidomuncul Lepas Saham ke Bursa Tahun Ini

Jakarta - Produsen jamu nasional, PT Sidomuncul berencana melantai di bursa pada kuartal III atau kuartal IV tahun ini melalui skema Initial Public Offering (IPO). Sidomuncul mengincar Rp 1,5 triliun.

Nantinya, perolehan dana IPO ini akan digunakan perseroan untuk ekspansi usahanya dengan memperluas pabrik miliknya di Semarang, Jawa Tengah.


"Kita pakai laporan keuangan Maret. Dananya untuk perluasan pabrik yang lama dan nambah kapasitas produksi 2 kali lipat," kata Pemilik dan CEO Sidomuncul Group Irwan Hidayat saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2013).


Dia mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan untuk menjaring investor domestik. Untuk itu, perseroan akan melakukan roadshow ke kota-kota di Indonesia seperti Semarang, Yogya, dan Surabaya.


"Kita akan prioritaskan investor domestik karena produk kita sudah dikenal di sini. Yakin akan terserap. Tapi tidak menutup kemungkinan investor asing juga," kata dia.


Selain itu, dia juga menjelaskan, perseroan akan mencoba menyasar ke wilayah Indonesia Timur seperti Makassar, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Timur untuk memasarkan produk-produknya


"Kami mempersiapkan pasar Indonesia timur kemudian ekspor supaya kalau pabrik ekspansi selesai jadinya bisa langsung ke sana. Sekarang ekspor masih 5% ke Amerika dan Eropa," kata Irwan.


(dnl/dnl)