Setelah Ngurah Rai, Dua Bandara Internasional akan Dibangun di Bali

Karangasem - Rencana pembangunan bandara di Bali Utara, kawasan Kabupaten Buleleng hingga kini belum terealisasi. Namun sudah muncul kembali rencana pembangunan bandara internasional Bali Timur, Kawasan Kubu, Kabupaten Karangasem.

Hal itu disampaikan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg di Denpasar, Senin (1/7/2013).


Bandara baru ini nantinya akan dibangun di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, sekitar 85 kilometer timur laut Kota Denpasar, Bali. Ia mengaku telah mendapatkan sinyal positif dari Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan. "Pak menteri memberikan lampu hijau untuk membangun bandar udara," kata Geredeg.


Pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 860 hektar. Surat-surat kepemilikan lahan telah diserahkan ke kementerian perhubungan. "Surat itu sudah kami serahkan dan akan dikaji lebih lanjut terkait penggunaan lahan," ujarnya.


Geredeg menambahkan Kementerian Perhubungan dan instansi sedang melakukan kajian teknis dalam menindaklanjuti rencana proyek pembangunan bandar udara.


Ia pun telah mewanti masyarakat pemilik lahan tak menjualnya kepada investor. "Masyarakat diminta tak menjual tanahnya kepada investor. Warga diharapkan jadi bagian pemilik saham," katanya.


Sebelumnya, wacana pembangunan bandara internasional di Kabupaten Buleleng belum terealisasi hingga kini. Pembangunan bandara ini diharapkan bisa menyeimbangkan pembangunan antara Bali Selatan yang sudah tumbuh pesat dengan keberaaan Bandara Ngurah Rai, dengan Bali Utara khususnya wilayah Buleleng.


(gds/hen)