Ini Dia 2 Pesawat Pesaing R80 Rancangan BJ Habibie

Jakarta -Pesawat turbo prop rancangan Mantan Menristek BJ Habibie R80 memiliki pesaing. Namun pesawat R80 memiliki kelebihan dibanding pesawat kompetitornya.

Pihak PT Regio Aviasi Industri (RAI) yang memproduksi pesawat ini, melalui Presiden Direktur RAI Agung Nugroho yakin, R80 mampu bersaing di pasar pesawat baling-baling di Indonesia. Agung menyebutkan ada dua kompetitor tersebut yaitu ATR dan Bombardier Dash-8.


"Tapi kita akan buat pesawat ini bisa berkompetisi dengan kita. Saat ini ada 2 kompetitor yang satu ATR, satu lagi Dash- 8. Kita posisikan dengan harga yang lebih kompetitif," kata Agung di acara penandatanganan MoU antara PT RAI dengan Dassault Systèmes di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (8/4/2014).


Optimisme Agung itu bukan tanpa alasan, Ia menjelaskan pesawat jenis tersebut digunakan maskapai penerbangan berbiaya murah (low cost carrier). Dikatakannya, jika dihitung secara direct operation cost (DOC) per seat per nautical mile, R80 jelas lebih murah.


"(Karena) kita menawarkan kapasitas yang lebih besar dari ATR. Kita kapasitasnya 80 seat sampai 90 seat," papar Agung.


Selain itu, dari sisi efisiensi, penggunaan bahan bakar atau avtur akan lebih diminimalkan dengan teknologi yang terpasang di pesawat ini.


Ia juga mengatakan, fitur lain yang akan digunakan adalah teknologi yang akan disesuaikan dengan sistem navigasi yang baru nantinya, yaitu berbasis pada satelit.


"Kita juga menawarkan features lain. Kita cocok pada next generation navigation system yang berbasis pada satelit. Juga Fly by Wire agar keamanan bisa ditingkatkan. Lalu noise (kebisingan) sama vibration (getaran) bisa kita tekan," katanya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!