Atasi Macet di Priok, Pelindo II Bikin Tol Bareng Malaysia

Jakarta -Pelabuhan Tanjung Priok saat ini dikepung oleh kemacetan parah akibat kondisi jalan yang tidak mampu menampung tumpahan jumlah truk pembawa kontainer. Melihat kondisi ini, PT Pelindo II (Persero) tidak akan tinggal diam.

Pelindo II selaku operator Pelabuhan Tanjung Priok menggandeng investor asal Malaysia untuk membangun ruas tol baru rute Cibitung-Cakung.


"Sekarang kita duduk dengan investor asal Malaysia. Kita bangun ruas tol Cakung-Bitung," kata Direktur Utama Pelindo II RJ Lino kepada detikFinance Sabtu (23/8/2014).


Pelindo II akan andil dalam kepemilikan dan terlibat di dalam pembebasan lahan. Pembangunan ruas tol ini akan dimulai pada awal tahun 2015.


"Nanti ambil alih kepemilihan share di sana sebesar 49%. Kita bantu untuk akuisisi lahan dan awal tahun depan akan dimulai," sebutnya.


Lino mengaku pihaknya akan membeli 1 lajur di setiap jalur ketika tol telah beroperasi. Lajur tersebut akan difungsikan secara khusus untuk angkutan truk.


"Kalau itu jadi kita akan beli. Masing-masing 1 line khusus untuk truk ke pelabuhan dan

keluar," jelasnya.


Meski demikian, pengembangan infrastruktur jalan tetap harus tetap dikembangkan karena Pelindo II saat ini sedang membangun Pelabuhan Kalibaru atau New Tanjung Priok. New Tanjung Priok saat beroperasi penuh bisa menampung kontainer hingga 15 juta TEUs.


"Ke depan baru lagi dipikirkan jalan lain," katanya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!